Monday, December 11, 2006

Layanan Perpustakaan Bagi Tunanetra

Orang yang hobi baca, pasti tahu ya dimana dimana letak perpustakaan dayng punya koleksi bagus. Pasti tahu dimana perpustakaan yang ada cafe dan layanan internetnya. Tapi di Jakarta sekarang ini, berapa banyak sih perpustakaan yang juga dikembangkan sebagai ruang aktivitas komunitas?

Kalau membicarakan orang-orang yang hobi baca, pasti ngga pernah terbayangkan bahwa tunanetra juga sama, ada kok yang hobi baca seperti kita pada umumnya. Tapi mana ada buku braille di perpustakaan, atau buku jenis lain yang aksesibel bagi kaum tunanetra, atau buku biasa tapi alatnya yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan si tunanetra itu sendiri.

Yayasan Mitra Netra Oktober 2006 bekerjasama dengan perpustakaan pendidikan nasional dan perpustakaan universitas negeri jakarta untuk menyediakan layanan perpustakaan bagi para tunanetra. Layanan yang disediakan ini seperti halnya layanan yang dberikan bagi orang-orang lain, hanya saja alat-alat ayng digunakan disesuaikan dengan kebutuhan tunanetra itu sendiri. Caranya adalah, komputer yang digunakan untuk katalog opac diinstallkan screen reader, agar tunanetra dapat mendengarkan buku yang tersedia, selanjutnya jika buku yang dipilih memang tersedia di rak buku, maka petugas perpustakaan akan membantu tunanetra mengambilkan buku untuk selanjutnya di scan hingga dapat tampil di komputer yang tersambung dengan scanner. sehingga tunanetra tidak perlu lama memesan dahulu buku braille..

Perpustakaan adalah ruang publik yang diperuntukkan bagi semua masyarakat, tugas kita sekarang adalah memikirkan bagaimana caranya ruang-ruang publik itu memang aksesibel bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home