Komunikasi yang efektif...
yang pertama, jangan pelit sama yang namanya pujian. Kita pasti seneng kao dipuji sama orang lain, misalnya dibilang "duuuh, baju lo bagus ya... jadi makin cantik"Nah, pasti orang lain juga seneng kalo diperlakukan sama. Kalo kita dipuji orang pastinya kita akan berpikir bahwa orang itu baik dan bisa dijadikan teman...kan seru tu, makin banyak orag memuji kita, semakin banyak juga yang bisa kita anggap bahwa dia teman kita. Aku rasa hal ini berlaku sama untuk orang lain...Atau dengan kata lain, pujian ini juga menunjukkan kalo kita OK untuk dijadikan teman dan pujian juga membuat orang lain merasa OK untuk menerima kehadiran kita.
Yang kedua, Be a good listener..

Yang ketiga, jangan pernah lupa senyum!!Bukan senyum2 tanpa sebab.. paling ngga kalo kita lagi ngombrol ma orang lain jangan pelit2 buat ngasi senyum aja... pasti orang betah deh lama2 deket kita...
Yang keempat, Jangan jadi orang yang suka menghakimi, konfrontatif, ato apalah istilah lainnya..Satu hal penting yang harus diinget2.."Ga usah adu argumen buat hal2 sepele!!"Kita juga ga seneng kan kalo belom apa2 orag udah nuduh yang ngga2..., jadi jangan suka melakkan hal itu keorang lain..
Yang kelima, berbicara yang runut...proseduril..jadi kalo ngomong tu yang jelas urutannya..
Yang keenam, Positif thingking...

Yang ketujuh, Empati....Emang boong banget kalo ada orang yang bilang "gw tau yang lo rasain.."BUkan tau apa yang dirasa, tapi paling ngga kita berusaha ngerti perasaan orang. Abis keilangan kucing kesayangan, misalnya..jangan diketawain, tapi bisa dong, pasang muka sedih.. bukan malah ketawa2...
Yang terakhir, Tau kapan waktunya ngomong dan kapan waktunya untuk diam...nah!! ini yang agak susah. Kalo kita punya hubungan yang cukup dekat dengan lawan bicara biasanya kaya' lomba ngomong..ruammmeeeee
coba deh, diterapkan satu2... mungkin kan kalo setiap kita jadi muara semua cerita temen2 kita..
0 Comments:
Post a Comment
<< Home